Rakor KPMD Kecamatan Batangan Bulan Maret Tahun 2019.

Rakor KPMD Kecamatan Batangan Bulan Maret Tahun 2019.

 

Rakor KPMD Kecamatan Batangan Bulan Maret Tahun 2019 dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 23 Maret 2019 di Balai Desa Lengkong Kecamatan Batangan. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua forum KPMD Kecamatan Batangan Bapak Supratiknyo, pendamping desa dan dua anggota KPMD dari 16 desa.

Pertemuan kali ini dengan agenda :

  1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  2. Paparan
  3. Tanya jawab.

 

Kesimpulan:

  1. Setiap desa diundang 2 orang supaya dapat menghadiri rakor bulanan yang berisi tentang perkembangan kegiatan di desa.
  2. Ada peserta dari 2 desa yang tidak bisa datang hari ini dan ini akan ditindaklanjuti ketua forum.
  3. Hasil pertemuan forum KPMD Kabupaten Pati menyebutkan bahwa KPMD akan dilibatkan dalam monitoring dan evaluasi kegiatan yang dibiayai ADD, DD maupun bantuan keuangan propinsi. Untuk itu anggota KPMD diminta untuk menyiapkan diri dengan mengetahui seluruh kegiatan-kegiatan pembangunan dan pemberdayaan yang ada di desa.
  4. Penyelesaian SPJ KPMD menjadi tanggung jawab ketua KPMD desa. Pembuatan proposal bantuan keuangan propinsi akan dimulai bulan April 2019. Kemungkinan pencairan pada Bulan september 2019.
  5. Kontribusi biaya rakor akan dibebankan kepada masing-masing KPMD desa sebesar Rp 100 ribu per desa. Dibayarkan saat pencairan. Setiap pertemuan akan dianggarkan sebesar Rp 180.000.
  6. Ada masukan untuk melakukan rakor setiap 2 atau 3 bulan sekali, sehingga dana rakor juga semakin banyak. Hal ini akan dipertimbangkan karena proposal yang saat ini untuk kegiatan rakor di kecamatan sebanyak 12 kali dalam setahun.
  7. Dana desa tahap 1 sudah turun. KPMD diminta untuk memantau dan terlibat dalam pelaksanaan pembangunan di desa.
  8. APBD di Kecamatan Batangan Tahun 2019 ini paling kecil 1,7 M. Banyak dana bantuan dari propinsi.

 

Paparan PDP M. Agus Prijadi:

  1. Ada sejumlah kegiatan untuk peningkatan kapasitas bumdes saat ini yaitu Pelatihan pengurus bumdes dari BBLM Yogyakarta untuk kecamatan batangan yang diikuti oleh 2 desa dari Lengkong dan Bumimulyo, pelatihan untuk pemetaan usaha dan perdes kerja sama dari propinsi minggu depan yang akan diikuti Desa Batursari dan Bumimulyo, dan pameran produk bumdes tanggal 8 dan 9 April 2019 di Semarang.
  2. Untuk hasil pemeringkatan bumdes di kecamatan batangan sudah ada 6 desa dengan status tumbuh dan ada 12 bumdes dengan peringkat dasar.
  3. Peran KPMD untuk meningkatkan peringkat tersebut dengan:
    • Membantu desa untuk melakukan musdes pertanggungjawaban bumdes yang menjadi salah satu syarat naiknya peringkat bumdes.
    • Memenuhi tindak lanjut hasil pembinaan, monitoring dan evaluasi bumdes oleh pihak Dispermasdes dan kecamatan Batangan yaitu memperbaiki perdes, AD ART bumdes serta pembuatan SOP bumdes.
    • KPMD bisa melakukan kajian usaha sehingga bisa membantu desa memetakan potensi yang bisa dikembangkan di desa.
  4. Hasil Studi banding ke smart kampung di Banyuwangi dimana desa-desa disana telah memberikan layanan publik di level desa. KPMD diminta turut mendukung program pemerintah kabupaten dalam mengembangkan smart city di Pati.

Penutup.

PDP P3MD M. Agus Prijadi

 

Facebook Comments
About tompomulyo 32 Articles
Kerja Adalah Ibadah....Jabatan Adalah Amanah

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan